Banner

Cara mudah kenali virus

   Disini kita akan belajar menganalisasi sebuah keadaan didalam computer, agar tidak secara membabi-buta menyalahkan virus. Tak sulit juga kok memastikan apakah sebuah computer terinfeksi virus atau tidak. Lagsung saja, begini cara mudahnya mengidetifikasi apakah computer terserang virus atau tidak?

1. Pakai virus Removal Tools, seperti kaspersky virus Removal tools (hxxp://devbuilds.kaspersky-labs.com/devbuilds/AVPTool), Stinger dari Mc Afee, Dr Web cure it! (ftp://ftp.drweb.com/pub/drweb/cureit/launch.exe),  atau Norman Malware Cleaner (hxxp://norman_Malware_Cleaner.exe). dengan mengaktifkan tolls gratis tersebut anda bisa mengetahui apakah computer mengandung virus atau tidak.

2. Perhatikan pesan-pesan khas virus yang muncul melalui browser anda, jika wallpaper desktop computer anda berubah menjadi MaxTrox (Maximum Troxer) dengan tambahan waktu ditenganh atas dan komentar ditengah bawah serta indentitas dikiri bawah, jelaslah sudah kalau computer anda terjangkit virus Maxtrox. Wallpaper tersebut akan aktif setiap tanggal 1 s/d 6 pada bulan april, agustus dan desember sedangkan waktu yang dibuat virus berubah-ubah sesuai dengan waktu pada computer user. Komentar yang dibuat pun disesuaikan dengan nama user yang aktif saat itu.

3. Tidak bisa mengakses Task Manager, MS Config, CMD, Regedit.
Seringkali virus akan memblokir aplikasi Task Manager, regedit, CDM, Msconfig. Mengapa? Karena virus berusaha mempertahankan diri dan semaksimal mungkin membatasi akses computer korban terhadap apalikasi utility seperti Task Manager. Ms Config, Regedit dan command prompt yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus computer.

   Dengan menggunakan task manager kita dapat mematikan proses virus yang sedang aktif dimemori. Dengan Ms Config, kita dapat menghapus semua prosedur yang akan dijalankan ketika tersebut log on. Karena itulah virus akan memblokir semua cara yang dipakai oleh user untuk mematikan proses virus.

4. Munculnya ikon dengan ekstensi palsu. Ikon yang paling favorit diplsukan oleh virus adalah ikon “MS Woed” dan “Folder”. Sebenarnya ini merupakan rekayasa social yang mudah dimana virus mengubah ikon file virus yang berekstensi.exe dengan ikon untuk file dokumen MS Word atau folder. Akibatnya pengguna computer terkecoh dan menjalankan file virus yang dikiranya file MS Word atau folder. Ikon lain yang sering dipalsukan adalah ikon gambar JPENG, dan ikon Excel.

   Nah, selamat memcoba dan menganalisa computer anda kalau seandainya computer anda terserang virus segera mencoba mengatasi dengan jurus P3K Jika Terserang Virus, semoga apa yang dishear blog venus kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat blogger.

Ditulis Oleh : Aflah // 11:59
Kategori:

11 comments:

  1. Pertamaxxxx :D
    Kalo saya di kompinya pake deep freze jadi kalo ada virus tinggal restart terus ilang deh virusnya
    hehehhehe.......

    ReplyDelete
  2. bener tuh, saya juga pake deep freze, tapi kelemahannya harus uninstal dulu kalo mau install program baru...

    ReplyDelete
  3. @Seputar Informasi TIK & @Majalah Siantar : kalau saya kagak pakai deep frezen gan karena kompi tuk pakai pribadi gan jadi kalau passang deep repot..heee

    ReplyDelete
  4. iya sih, tapi berhubung kompie ane jarang install sofware, jadi di install deep aja gan,,

    biar aman aja sih,,

    :)

    ReplyDelete
  5. Berkunjung lagi sambil menunggu posting baru sobat,,

    :)

    ReplyDelete
  6. informasi yang bermanfaat sob.
    thanks ya udah berbagi. salam kenal :)

    ReplyDelete
  7. trimakasih informasinya mas bro, sangat membantu..

    ReplyDelete
  8. infonya bagus,,kalo saya pake nya avast :) sudah terlindung dan mempunyai lisensi ( walaupun dowload hehe)

    ReplyDelete
  9. postingan yang bagus tentang cara mudah kenali virus

    ReplyDelete
  10. setelah membaca postingannya jadi tau deh cara mengenali virusnya,,,makasih dah share sobat,,,

    ReplyDelete
  11. kalau saya untuk menghindari virus dikomputer saya, saya menggunakan antivirus avira.

    ReplyDelete

Terima kasih sahabat telah membaca artikel dari Blog Venus.
Semoga berkenan meninggalkan komentar dan dimohon untuk tidak meninggalkan SPAM di sini