Banner

Obesitas Dan Protein


Protein berguna dalam mencegah kegemukan atau biasa disebut obesitas. Berdasarkan hasil penelitian sejumlah ilmuwan Jepang, protein berperan penting dalam membakar lemak, sehingga dengan mengkonsumsi protein, kegemukan dapat dicegah. Demikan yang dilansir dalam NHK, baru-baru ini.

Dalam penelitan yang dilakukan di Institut Kimia Universitas Kyoto, para peneliti menggunakan dua buah tikus sebagai obyek percobaan. Tikus yang satu diberikan protein GPR 120, sedangkan yang lainnya tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa tikus tanpa protein lebih berat dua kali lipat daripada tikus yang diberikan protein sekitar 15 persen dalam kandungan makanan.

Selain itu, menurut hasil analisa genetik terhadap 2.000 orang di Eropa, para peneliti yang dibantu oleh sebuah lembaga penelitian Eropa menemukan bahwa orang dengan gen mutan GPR 120 akan terjauh dari kegemukan 1,6 kali dibanding yang tidak memiliki protein tersebut.

Dari dua kasus tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa protein berperan penting dalam mendorong tubuh untuk membakar lemak. Temuan tim ini akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah Inggris.

Kepala tim peneliti Profesor Gozo Tsujimoto mengatakan, hasil penelitian ini dapat digunakan dalam memproduksi obat. Dengan mengembangkan obat yang mengaktifkan protein, obesitas dapat dicegah.

Baca yang ini juga Ponsel picu Obesitas

Ditulis Oleh : Aflah // 10:11
Kategori:

3 comments:

Terima kasih sahabat telah membaca artikel dari Blog Venus.
Semoga berkenan meninggalkan komentar dan dimohon untuk tidak meninggalkan SPAM di sini